Staff Bandara Kerjanya apa ?

staff bandara

Staff Bandara tugas kerjanya apa ya ? 

Staff bandara adalah personil yang bekerja atau bertugas memberikan pelayanan kepada penumpang, baik pelayanan sebelum keberangkatan maupun pelayanan sesudah penerbangan. Profesi staff bandara atau staff penerbangan ruang lingkup kerjannya luas ada banyak bagian dari profesi tersebut. Disini admin akan menjelaskan bagian-bagian staff bandara secara umum.
Baca juga : gaji staff penerbangan

 

1. Bagian Ticketting

staff ticketting

 Bagian Staff Ticketing merupakan personil atau seseorang yang bertugas melayani penumpang khususnya menangani pemesanan atau penjualan Tiket. Bagian ini ada yang ditempatkan di bandara langsung untuk melayani pembelian secara langsung (go show). Ada juga yang ditempatkan di kantor pusat maskapai ataupun di travel agen. Tugasnya tentu saja sama yaitu melayani penumpang dalam proses pemesanan dan pembelian tiket pesawat terbang. Baik secara langsung maupun melalui telepon/online.
Bertugas pada profesi ini tentu staff bandara harus memiliki ketelitian yang bagus dan juga harus memiliki kemampuan marketing. Karena untuk meyakinkan penumpang agar bersedia menggunakan jasa penerbangan yang kita tawarkan. Apalagi di Indonesia sendiri banyak maskapai yang juga menawarkan route serta biaya yang juga beragam.

2. Bagian Check In Counter

staff check in counter

Bagian Staff Check In Counter merupakan personil atau seseorang yang bertugas melayani penumpang khususnya dalam pengecekan tiket keberangkatan, dalam hal ini petugas check-in akan mencocokkan tiket yang dibawa oleh penumpang dengan identitas yang dimiliki penumpang tersebut. Kemudian petugas check-in akan menerbitkan boarding pass yang didalamnya telah tercantum informasi nama penumpang, nomor penerbangan, waktu boarding, nomor kursi, nomor ruang tunggu asal dan tujuan penerbangan, serta juga kode pemesanan tiket.
Bagi penumpang yang membawa bagasi, petugas check-in juga akan menimbang dan menginput data bagasi yang dimasukkan. Serta memberikan label bagasi sesuai tiket masing-masing penumpang agar tidak terjadi kekeliruan saat pengambilan di bandara tujuan.

3. Bagian Boarding Gate

Boarding merupakan sebuah kegiatan yang terjadi di bandara dimana penumpang akan mulai menaiki pesawat. Sedangkan Boarding Gate sendiri ialah jalur pembatas yang harus dilewati oleh penumpang sebelum menaiki pesawat atau boarding. Jadi dapat disimpulkan bahwa Boarding Gate merupakan sebuah area dimana penumpang akan menunggu saatnya untuk menaiki pesawat. Jadi tugasnya Bagian Staff Boarding Gate disini adalah memberikan informasi sekaligus melakukan pengecekan akhir, seperti : menginformasikan Boarding Time, pengecekan kondisi penumpang, memandu penumpang menuju pesawat sesuai penerbangannya, pengecekan penumpang apakah sudah benar-benar berada didalam pesawat.

Di dalam boarding gate, kamu akan menemukan petugas yang siap melayani penumpang dengan baik. Staff itulah yang disebut sebagai staff penerbangan atau ground staff bagian boarding gate. Umumnya petugas boarding gate akan terbagi menjadi 3 bagian yaitu: front desk, mini desk, dan check gate. Tentunya masing-masing juga telah memiliki tugas sendiri-sendiri.

4. Bagian CRO

CRO merupakan singkatan dari Customer Relation Officer. Yaitu Bagian Staff Bandara yang ditugaskan untuk membina hubungan baik dengan seluruh penumpang. Termasuk membujuk agar penumpang tetap bertahan/tidak lari dari perusahaan yang bersangkutan. Biasanya petugas CRO juga ditugaskan secara khusus untuk memberikan pelayanan bagi penumpang VVIP, VIP atau CIP. Jika terjadi permasalahan yang sekiranya tidak bisa dihandle sendiri oleh staff lain, bagian ini juga harus membantu untuk menjadi mediator penyelesaian masalah kepada penumpang.

5. Bagian Transfer Desk

transfer desk bandara

Transfer desk merupakan tempat untuk melayani setiap penumpang yang datang kemudian akan transit atau pindah pesawat. Yang disebabkan oleh banyak hal misalnya tidak adanya penerbangan yang langsung menuju bandara yang dituju oleh penumpang dan diharuskan menggunakan pesawat lain. Atau mungkin harus berganti dengan maskapai penerbangan lain.
Transfer desk juga berfungsi sebagai tempat untuk penumpang yang ingin mengkonfirmasikan penerbangan selanjutnya, dengan jarak waktu yang lama. Penumpang juga dapat memajukan jadwal penerbangannya melalui transfer desk.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Ground Staff yang bekerja pada bagian ini akan bertanggung jawab terhadap penumpang dan bagasi penumpang yang akan melakukan penerbangan lanjutan.

 

6. Bagian Lost and Found

lost and found bandara

Lost and Found merupakan unit yang menangani bagasi hilang, tertinggal, tertukar, rusak dan lain-lain. Jadi pertugas Lost and Found bertugas untuk menerima laporan dari penumpang apabila terjadi kerusakan, kehilangan atau tertukarnya bagasi dengan penumpang lain. Apabila bagasi yang hilang/belum ditemukan oleh penumpang di tempat pengambilan bagasi tersebut terlacak di daerah asal, maka akan diterbangkan/dikirim melalui penerbangan selanjutnya.

Petugas lost and found biasanya juga ada yang akan berjaga di pintu keluar. Dimana tugasnya adalah mencocokkan nomor bagasi yang dipegang penumpang dengan nomor bagasi yang tertempel pada barang bawaan yang diambil oleh penumpang. Tujuannya adalah untuk menghindari tertukarnya bagasi antara 1 penumpang dengan penumpang lain. Mengingat dalam suatu penerbangan tidak menutup kemungkinan terdapat koper, tas atau kardus yang sama.

 

Jika kalian mempunyai cita-cita untuk berkarir di dunia penerbangan kalian bisa menggapai cita-cita kalian dengan bergabung besama pendidikan penerbangan terbaik PSPP Penerbangan.
Isi formulir pendaftarannya disini 
follow akun instagram : 
@pendidikan.penerbangan
Konsultasi Via WA : 
085769691527 (Kak Mardika)

Itulah kiranya informasi yang dapat admin bagi kepada pembaca sekalian. Semoga informasi diatas dapat memberikan tambahan wawasan untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat